Apakah Passion itu?

Screen Shot 2017-11-28 at 1.38.12 PMgambar nyomot dari brainyquote.com

Di akhir tahun  seperti ini, di saat – saat tumpukan masalah eh pekerjaan kantor berbanding lurus dengan gunungan pakaian kotor yang menunggu dicuci, dikeringkan dan disetrika, padahal hampir setiap hari adalah hari yang mendung bahkan kebanyakan hujan, perasaan GEGANA alias Gelisah Galau Merana amat sangat gampang mendera .. seriously…I am not kidding.. it happens to me..

Gue yang memang berbakat sensi alias baperan tentu amat sangat tak kebal dari serangan si GEGANA dan beberapa gejala lainnya yang menandakan kalau stress melanda. Di saat sutris seperti ini yang sering terjadi dalam otak gue adalah gue bertanya sama diri gue, apakah gue bahagia? apakah pekerjaan gue membuat gue bahagia?

Tanpa bermaksud menjadi orang yang tidak tau bersyukur, jujur, saat ini gue nggak bahagia. Dalam bahasa gue, bahagia di sini artinya gue nyaman aman tenteram, senang, tenang, kalem, hati lega kadang-kadang ada rasa meletup-letup sedikit atau enggresnya excited. Saat ini gue merasa ada yang mengganjal di dalam dada, merasa ada yang salah tanpa tahu itu apa, dan salah satu highlight-nya adalah pertanyaan “apakah pekerjaan gue membuat gue bahagia atau katakanlah membuat gue puas dengan hidup gue”.

Jawabannya saat ini tentu saja nggak, sejujurnya pekerjaan gue nggak membuat gue bahagia, sekarang ini gue merasa kayak robot yang bekerja tanpa hati atau ada yang bilang PASSION, masalahnya, gue sendiri nggak tau apa itu passion, dan kalau ada istilah “bekerja dengan passion“, atau mengerjakan pekerjaan yang merupakan passion-nya, gue sendiri nggak ngerti betul apa sebenernya “passion” gue itu.

Sepertinya telat banget ya di umur setua ini gue masih bergelut dengan pertanyaan “konyol” seperti itu. Tapi ini memang terjadi dengan diri gue, gue merasa kalau sampai dengan sekarang gue belum menemukan apa yang betul – betul membuat gue “feels content“. Keadaan kayak begini sering membuat gue mikir, apa sebaiknya gue pergi aja meninggalkan semuanya, gue nyari kehidupan baru, pekerjaan baru dan lain – lain.

Sayangnya gue belum punya keberanian untuk melakukan perubahan drastis dalam hidup gue, walaupun ada juga sih rencana-rencana dalam hati gue, misalnya tahun 2018 gue pengen begini pengen begitu. Well..Saat ini yang bisa gue lakukan adalah mencoba mencari – cari tau apa sih sebenernya passion gue itu?

Google Dictionary cuma ngasih info begini :

noun
noun: passion; plural noun: passions; noun: Passion; noun: the Passion
  1. strong and barely controllable emotion.
    “a man of impetuous passion”
    • a state or outburst of strong emotion.
      “oratory in which he gradually works himself up into a passion”
      synonyms: (blind) rage, fit of anger/temper, temper, towering rage, tantrumfuryfrenzy

      “he worked himself up into a passion”
    • intense sexual love.
      “their all-consuming passion for each other”
      synonyms: love, (sexual) desire, lustardorinfatuation, lasciviousness, lustfulness

      “hot with passion”
    • an intense desire or enthusiasm for something.
      “the English have a passion for gardens”
      synonyms: fervorardorenthusiasmeagernesszeal, zealousness, vigorfire, fieriness, energy, fervency, animationspirit, spiritedness, fanaticism More

      antonyms: apathy
    • a thing arousing enthusiasm.
      “modern furniture is a particular passion of Bill’s”
      synonyms: obsessionpreoccupationcrazemaniahobbyhorse

      “French literature is my passion”

      Dari situ gue memilih definisi PASSION sebagai intense DESIRE atau hasrat dan ENTHUSIASM, artinya hasrat dan antusiasme yang intens/ yang dalam terhadap sesuatu, nah mulailah gue introspeksi ke dalam diri gue apa sebenernya yang bener – bener gue senengi, apa sih yang bisa bikin gue sangat antusias, bikin gue bersemangat dan bisa jadi bikin gue bahagia.

      Daaan, gue bingung sendiri, pasalnya gue punya banyak hal yang gue senengi tapi semuanya nggak INTENSE alias nggak dalam..gue seneng film, tapi gue nggak maniak nonton, gue seneng musik, tapi selektif banget, gue seneng baca, tapi udah lama juga gue nggak baca buku, gue seneng nulis, eh ngeblog aja malas, apalagi menghasilkan buku, gue seneng masak, lah udah lama juga gua males masak, gue seneng nyanyi, sayangnya suara gue pas – pasan  banget, gue seneng ini gue seneng itu..tapi nggak ada satupun yang bisa gue claim sebagai PASSION gue.

      Ah, doakan saja lah ya semoga satu waktu gue bisa menemukan PASSION gue, dan kalau saat itu sampai, maka gue akan mencoba melakukan PASSION gue itu..hmmm kayaknya gue mau buka warung soto aja kali ya..soalnya masak dan makan adalah PASSION gue??..*gubragsss*