Kita Hidup Dalam Prasangka

Saya yakin, manusia setinggi apapun tingkat kecerdasannya, pasti mempunyai keterbatasan,  manusia kan memang bukan Tuhan yang Maha Mengetahui atas segala yang terjadi di alam semesta ini, jadi sebanyak apapun pengetahuan kita, pasti lebih banyak yang tidak kita ketahui. Tidak usah terlalu jauh – jauh berpikir tentang dunia beserta isinya, apa yang terjadi dengan manusia lain di samping atau di sekitar kita saja seringkali kita tidak ketahui, atau tidak kita fahami secara proporsional, secara wajar. Kita (atau saya deh) lebih banyak memahami sesuatu di luar diri dari perspektif atau sudut pandang sendiri, dan sialnya, sudut pandang itu lebih banyak layak kita sebut sebagai prasangka.

Saya sering berprasangka terhadap pribadi atau karakter seseorang yang baru dikenal atau bahkan sudah lama dikenal, contohnya, saya sudah lama mengenal bos saya saat ini, kenal saja, bukan berteman, dulu saya menganggap dia adalah pribadi yang sangat positif,  pintar, rajin dan semangat bekerja, idealis dan lain sebagainya, dan sekarang penilaian saya terhadapnya sudah berubah (banyak), nggak perlu dijelaskan deh ya, sebab jangan – jangan penilaian saya itu memang prasangka yang disebabkan karena ketidak tahuan saya juga.

Lah bagaimana ini ? ya tidak bagaimana – bagaimana juga, pokoknya saya bisa menyimpulkan bahwa manusia hidup itu lebih banyak ber-prasangka-nya, baik itu prasangka baik atau prasangka jelek, tidak perlu contoh – contoh yang terlalu rinci, nanti tulisan ini bisa jadi terlalu panjang lebar dipenuhi prasangka he he he.. Moga – moga saja hidup kita lebih banyak prasangka baiknya (husnudzon kalau kata ustadz/ ustadzah) dari pada prasangka jelek, ya walaupun sekali – kali berprasangka jelek, moga – moga itu hanya sebagai mekanisme pertahanan diri saja agar kita sebagai manusia bisa selamat dari hal – hal yang merugikan kehidupan pribadi atau lingkungannya.

Apakah kita semua berprasangka baik hari ini?.. he he he..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s