Renungan Menjelang Rapimnas PPGI

Menurut rencana, tanggal 22 sampai dengan 24 Oktober 2010 yang akan datang, DPD PPGI akan menyelenggarakan Rapat Pimpinan Nasional di Jakarta. Rapat ini akan diselenggarakan selain sebagai implementasi rencana kerja pengurus pusat PPGI sekaligus juga dimaksudkan untuk menjawab permasalahan dan tantangan yang berkembang di dalam profesi perawat gigi Indonesia.

Permasalahan yang kini semakin berkembang adalah tuntutan pembenahan pendidikan profesi perawat gigi , peningkatan kapasitas dan profesionalisme  serta peningkatan kesejahteraan profesi perawat gigi Indonesia.

Sudah diketahui bahwa sejak lama sistem pendidikan perawat gigi di Indonesia mengalami distorsi yang cukup membingungkan, terjadinya inkonsistensi antara nomenklatur institusi pendidikan, penamaan profesi serta ruang lingkup keilmuan keperawatan gigi cukup memberikan ganjalan bagi kemandirian serta kemajuan profesi perawat gigi.

Sebagai contoh, ada beberapa kasus kepegawaian yang mempermasalahkan ijazah seorang perawat gigi lulusan D III Kesehatan Gigi dengan gelar Ahli Madya Kesehatan Gigi, hal ini menjadi ganjalan karena formasi kepegawaian berbunyi D III Keperawatan Gigi sementara ijazah dan lembaga pendidikan yang menghasilkannya berjuluk D III Kesehatan Gigi.

Persoalan lain yang lebih substantif adalah berkenaan dengan kurikulum dan keilmuan perawat gigi yang menurut hemat penulis merupakan fondasi atau akar dari sebuah profesi. Apabila seorang perawat gigi ditanya, yang manakah ilmu keperawatan gigi itu ? saya kira jawabannya akan bermacam-macam. Padahal eksistensi keilmuan yang bernama keperawatan gigi yang disepakati semua perawat gigi dan diakui oleh semua stakeholder profesi merupakan prasyarat inti apabila profesi  perawat gigi ingin terus berkembang. Coba perhatikan profesi-profesi lain terutama profesi kesehatan, mereka berkembang menjadi besar dan kompleks karena keilmuannya berkembang juga. Perkembangan keilmuan ini merupakan jawaban dari berubahnya kebutuhan masyarakat yang terus menerus.

Ketidak jelasan keilmuan ini juga berefek terhadap pandangan pihak luar terhadap profesi perawat gigi. Kalau kita tanya seorang dokter, dokter gigi atau perawat tentang pekerjaan perawat gigi? saya kira akan ada banyak jawaban yang berbeda-beda  juga, bahkan mungkin saja banyak yang tidak mengetahuinya. Satu kasus terjadi di sebuah rumah sakit di Jakarta, di mana para perawat gigi yang bekerja di rumah sakit tersebut kemudian diharuskan untuk mengikuti uji kompetensi perawat, kejadian ini disebabkan karena pihak manajemen rumah sakit tidak memahami ruang lingkup keilmuan dan kompetensi perawat gigi sesungguhnya.

Jadi, menurut hemat saya, sudah saatnya kita bergerak bersama untuk membenahi sistem pendidikan perawat gigi di Indonesia, apabila pembenahan ini berhasil, saya percaya bahwa permasalahan lain juga akan terjawab, ketika keilmuan keperawatan gigi telah terwujud, kemudian institusinya semakin mandiri dalam nomenklatur yang lebih jelas, maka pada gilirannya akan berdampak pada peningkatan kapasitas dan profesionalisme perawat gigi, dan PR selanjutnya adalah tinggal membenahi kesejahteraan melalui sistem kepangkatan baru dalam jabatan fungsional perawat gigi serta upaya-upaya pemberian pelayanan keperawatan gigi yang mandiri.

Selamat melaksanakan RAPIM.

Salam PPGI

One thought on “Renungan Menjelang Rapimnas PPGI

  1. pak zaen, saya setuju dengan renungan bapak…saya lulusan S1 Kepgi jg merasa klo profesi kita belom punya body of knowlwdge yang kuat seperti profesi lain padahal sepak terjang profesi kita sudah cukup lama, klo kita terus menilik keilmuan keperawatan gigi di luar negeri kapan kita bisa mandiri…untuk jenjang S1 kepgi ini mohon dibahas juga pada Rapimnas PPGI, matur tengkyu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s