MENGEMBANGKAN KLINIK GIGI YANG EFEKTIF DAN EFISIEN (Penutup)

HAL-HAL YANG HARUS DIKEMBANGKAN

Bagi kebanyakan perawat gigi yang bekerja baik di Puskesmas maupun Rumah Sakit, pola pengembangan klinik gigi tentu tidak terlalu akrab dalam pemikirannya, hal ini dapat dimaklumi karena sistem pelayanan yang pada umumnya bersifat top down (diatur dari atas). Perawat gigi seakan-akan sudah terpuaskan saja menjadi pelaksana paling depan dalam sebuah sistem pelayanan kesehatan yang sudah terpola secara seragam. Dan hasilnya adalah, sebagian besar perawat gigi dari dulu sampai sekarang seolah-olah terperangkap dalam rutinitas yang membosankan tanpa tahu harus mulai dari mana untuk menjadi inovatif dan lebih kreatif.

Oleh karenanya, menjadi penting untuk memahami secara bertahap mengenai aspek strategis yang dapat dipertimbangkan untuk diperbaiki dalam pelayanan kesehatan gigi. Perbaikan-perbaikan tersebut berangkat dari pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut :

  1. Bagaimana menangani pasien dengan lebih baik, sehingga pasien menjadi kooperatif, loyal dan menyenangkan
  2. Bagaiamana mengelola sistem keuangan dan pembiayaan, sehingga klinik gigi dapat menjadi klinik yang menghasilkan benefit yang optimal yang pada gilirannya mendorong peningkatan kuantitas dan kualitas sarana yang dimiliki.
  3. Bagaimana menata ruangan klinik sehingga tercipta ruangan yang ergonomis, aman, menyenangkan, higienis dan memiliki risiko infeksi nosokomial se-minimal mungkin
  4. Bagaimana mengelola data, informasi dan dokumen sehingga memudahkan pengelolaan / manajemen dalam mengembangkan diri berdasarkan data yang akurat.
  5. Bagaimana mengelola inventaris alat dan bahan secara efisien, sehingga dapat digunakan seminimal mungkin tapi mendapatkan manfaat semaksimal mungkin dalam klinik gigi.
  6. Bagaimana mengatur sistem organisasi dan atau tata hubungan kerja yang efisien, efektif, menyenangkan, saling membantu dan penuh kekeluargaan yang dilandasi oleh komunikasi yang baik.

Jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan di atas dapat diuraikan ke dalam konsep-konsep yang secara singkat akan diuraikan di bawah ini :

  1. SISTEM PENGELOLAAN PASIEN

Dalam mengelola pasien, perawat gigi harus mampu menempatkan diri sebagai dental asisten dan resepsionis yang mumpuni, seorang perawat gigi harus menguasai teknik-teknik berikut :

a. Berkomunikasi yang efektif pada waktu menerima dan menangani pasien

b. Mencatat data pasien secara baik

c. Mengatur sistem perjanjian dan penjadwalan pasien

d. Memelihara hubungan baik dengan pasien / klien

  1. SISTEM KEUANGAN / PEMBIAYAAN

Perawat gigi mutlak harus menguasai keterampilan sebagai seorang kasir, bendahara, akuntan dan petugas asuransi. Teknik-teknik yang harus dikembangkan adalah :

a. Tariffing (penentuan tarif yang diperhitungkan secara cermat)

b. Sistem asuransi dan klaim

c. Sistem pencatatan pemasukan dan pengeluaran keuangan yang akurat

  1. SISTEM PENATAAN RUANGAN

Dalam penataan ruangan akan sangat tergantung dari rancangan umum gedung yang ditempati, tetapi prinsip strategis yang dapat dijadikan pegangan adalah sebagai berikut :

a. Tata ruang harus dapat memastikan adanya sirkulasi udara yang baik

b. Sistem pembuangan limbah yang terjamin keamanannya

c. Tata letak perlengkapan dan peralatan yang memungkinkan pergerakkan yang leluasa

d. Penggunaan dental unit, perlengkapan kantor seperti kursi dan meja yang ergonomis

e. Pengaturan area yang jelas antara area resepsionis, administrasi, ruang tunggu, ruang sterilisasi, ruang alat dan bahan serta ruang perawatan dan lain-lain. Hal ini harus dikembangkan guna menjamin kenyamanan dan keselamatan serta privacy dalam bekerja.

f. Setiap ruangan klinik hendaknya didesain sebagai ruangan yang dapat memberikan kenyamanan kerja, baik bagi operator maupun bagi pasien, hal ini menyangkut tata warna, dekorasi dinding dan seterusnya.

  1. SISTEM INFORMASI

Dewasa ini, sistem informasi sangat identik dengan sistem informasi berbasis komputer, ada banyak keuntungan dari tata cara pengelolaan data, informasi serta dokumen yang didukung oleh perlengkapan keras dan lunak komputer. Sistem informasi komputer di klinik gigi dapat berupa :

a. Software registrasi pasien

b. Software keuangan

c. Software pengelolaan alat, bahan dan barang

d. Software perjanjian pasien

Kesemua software itu bisa dibangun dalam sebuah sistem yang terintegrasi yang sangat membantu perawat gigi dalam bekerja secara cepat, akurat dan hemat.

  1. SISTEM TATA HUBUNGAN KERJA DALAM ORGANISASI

Ada banyak yang dapat dilakukan oleh seorang perawat gigi dalam mengembangkan tata hubungan organisasi guna membangun klinik gigi yang efektif dan efisien, diantaranya adalah :

a. Selalu menjaga hubungan baik antar petugas (sejawat perawat gigi, dokter gigi, tenaga administrasi dan lain lain)

b. Selalu bersikap profesional dan menjaga etika di lingkungan kerja

c. Membangun sistem penjadwalan pekerjaan yang adil (fair)

d. Senantiasa mentaati peraturan yang berlaku

e. Memelihara kebersamaan dan saling tolong menolong antara sesama petugas baik lintas program maupun lintas sektor.

PENUTUP

Demikian makalah singkat ini ditulis dalam rangka memberikan wawasan awal bagi pengembangan manajemen klinik gigi yang efektif dan efisien. Ada banyak hal yang masih harus dipelajari dari setiap aspek manajemen klinik gigi ini, mudah-mudahan di masa yang akan datang dapat diuraikan secara lebih detail dan komprehensif.

Terima kasih

11 thoughts on “MENGEMBANGKAN KLINIK GIGI YANG EFEKTIF DAN EFISIEN (Penutup)

  1. tomy : kalau mau melihat software-nya Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Bandung telah sedikit banyak mengembangkannya, bisa menghubungi ata datang ke Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Bandung Jl. Prof. Eyckman No 40 BAndung 40161, tlp 022-2033630

  2. Tulisan Pak Zaeni bagus sekali. Akan sangat bagus, bila pembaca ikut tau rujukan yg digunakan sebagai acuan penulisan artikel. Sehingga tulisan anda akan dapat digunakan dlm penulisan ilmiah selanjutnya. Bukankah anda akan menjadi pembuka pintu bagi kemajuan berpikir ilmiah bagi teman sejawat. Terimakasih, terus berkarya ya Pak Zaeni.

  3. Pak Zaeni
    Saya berminat terhadap software untuk klinik gigi
    Apakah bapak ada rekomendasi, dan apakah bapak ada contact person di poltekkes yang mengembangkan software klinik gigi ini
    Terima kasih sebelumnya

  4. Gargling can make your mouth more fresh and fresh so diligent and frequent gargling karen ITU can make your mouth fresh all the time

    Do not brush your teeth immediately after consuming soft drinks or drinks that contain acid! Thus the opinion of Mary Hayes, DDS, spokesperson of The Chicago Dental Society.

  5. Kami dari And IT Solution .. menyediakan software Klinik dan Rumah Sakit yang sudah update dengan perkembangan jaman (sistem Web Base) sehingga dapat mudah diakses secara up to date .. sudah dipakai di beberapa rumah sakit dan klinik .. utk permintaaan presentasi dapat menghubungi 021.7997 852

    Hormat Kami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s