MENGEMBANGKAN KLINIK GIGI YANG EFEKTIF DAN EFISIEN (Bagian 1)

PENDAHULUAN

Manajemen sebagaimana kata asalnya to manage dapat diartikan sebagai kegiatan pengaturan yang dilaksanakan oleh sekumpulan orang dalam sebuah organisasi yang ditujukan untuk pencapaian tujuan. Secara umum kegiatan majamemen terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan sumber daya, kepemimpinan, dan pengarahan serta pengontrolan dan organisasi. Pengelolaan sumberdaya terdiri dari penataan dan pengoptimalan sumberdaya manusia, keuangan, teknologi serta sumberdaya alam dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

Sebagai sebuah organisasi, pelayanan kesehatan mempunyai tujuan untuk menyediakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat seoptimal mungkin. Tentunya dalam rangka mencapai tujuan tersebut, institusi pelayanan kesehatan seyogyanya menerapkan manajemen yang dapat menjamin tercapainya tujuan dengan sebaik-baiknya. Akan tetapi, menerapkan manajemen yang baik pada suatu organisasi pelayanan kesehatan tidaklah semudah yang kita kira, ada banyak faktor yang harus ditangani dengan baik, sebagai contoh, pelayanan kesehatan seringkali dihadapkan pada persoalan dilematis dalam hal pembiayaan, di satu sisi pelayanan kesehatan merupakan usaha yang berlandaskan altruisme (pertolongan bagi yang membutuhkan) tetapi di sisi yang lain institusi pelayanan kesehatan juga dihadapkan pada mahalnya biaya operasional dan peningkatan mutu pelayanan.

Di samping itu, pelayanan kesehatan adalah pelayanan yang sangat unik dan khusus, dikarenakan pelanggan utama dari pelayanan kesehatan adalah manusia. Ada tiga kelompok manusia yang harus ditangani dalam proses manajemen pelayanan kesehatan yakni (1) health operator / provider (dokter, dokter gigi, perawat, perawat gigi dan sebagainya) (2) Penerima jasa (Pasien dan keluarga pasien) serta (3) tenaga administrator kesehatan. Kekhususan manajemen pelayanan kesehatan terlihat dari fenomena yang selalu terjadi di organisasi pelayanan kesehatan, di mana para dokter, dokter gigi, perawat atau perawat gigi selalu dituntut untuk memberikan pelayanan yang bermutu tinggi dengan metode pengobatan yang paling mutakhir dengan menggunakan teknologi serta obat-obatan yang dapat memberikan rasa aman dan kepastian kesembuhan serta kesehatan bagi pasien. Sementara itu, tidak semua orang dalam masyarakat dapat mempunyai akses kepada pelayanan kesehatan yang bermutu, yang pada umumnya berbiaya cukup mahal. Hal tersebut berdampak kepada masalah yang dihadapi oleh para administrator / manajer pelayanan kesehatan yang selalu dituntut untuk mengelola semuanya sehingga tidak terjadi konflik diantara semua manusia yang terlibat dalam pelayanan kesehatan.

Di Indonesia, secara makro pelayanan kesehatan diselenggarakan oleh pemerintah bersama-sama dengan masyarakat dan diatur oleh otoritas (pengatur dan pengambil keputusan) kesehatan yakni Departemen Kesehatan serta Dinas-Dinas Kesehatan di tingkat provinsi dan kabupaten / kota. Dalam pelaksanaannya, pelayanan kesehatan diatur dalam sistem dan regulasi yang diatur oleh undang-undang maupun peraturan lainnya. Indonesia mempunyai Sistem Kesehatan Nasional, Undang-Undang tentang kesehatan dan lain sebagainya. Semua aturan tersebut kemudian akan diadopsi pada skala mikro di tiap-tiap level dan jenis pelayanan kesehatan dalam rangka mengatur atau me-manaje pelayanan yang diberikan untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya.

Salah satu jenis pelayanan kesehatan yang penting adalah pelayanan kesehatan gigi. Di Indonesia, pemerintah masih memegang peranan utama dalam pemberian pelayanan kesehatan dasar, termasuk di dalamnya adalah pelayanan kesehatan / kedokteran gigi dasar. Pelayanan tersebut disediakan bagi masyarakat di Puskesmas-Puskesmas yang berbentuk Balai Pengobatan Gigi, dan juga poliklinik gigi dan mulut di Rumah Sakit-Rumah Sakit, selain itu upaya pelayanan kesehatan juga diselenggarakan oleh masyarakat berupa klinik gigi-klinik gigi swasta. Sebagai health provider di sarana-sarana pelayanan kesehatan gigi tersebut adalah para dokter gigi dan juga perawat gigi.

Para perawat gigi di sarana-sarana pelayanan kesehatan gigi tersebut mempunyai peranan yang strategis dalam proses manajemen pelayanan kesehatan gigi. Hal tersebut berkaitan dengan SK MENKES RI. NO. 378/MENKES/SK/III/2007 tentang Standar Profesi Perawat Gigi yang mencantumkan salah satu kompetensi utama perawat gigi sebagai pelaksana MANAJEMEN KESEHATAN GIGI, sebagai konsekwensinya perawat gigi dituntut untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tinggi dalam mengelola pelayanan kesehatan gigi dari berbagai aspek, baik aspek pembiayaan, sistem informasi, inventarisasi, asuransi, etik serta hukum pelayanan kesehatan.

Untuk menguasai hal-hal tersebut di atas, maka dalam proses pendidikan perawat gigi terdapat satu mata kuliah yakni MANAJEMEN, yang diharapkan dapat memberikan bekal yang cukup bagi setiap peserta didik dalam penguasaan keterampilan manajemen pelayanan kesehatan gigi. Manajemen pelayanan (klinik) kesehatan gigi, sebagaimana pelayanan kesehatan pada umumnya, merupakan pelayanan yang khusus karena melibatkan aspek manusia pada setiap prosesnya. Oleh karenanya di samping penguasaan teori dan keterampilan manajeman secara luas juga diperlukan keterampilan dalam pengembangan strategis bagi peningkatan efektifitas dan efisiensi klinik gigi yang merupakan hal penting dalam manajemen, yang pada gilirannya akan mempercepat pencapaian tujuan pelayanan di klinik gigi itu sendiri.

Dari uraian tersebut diatas, maka dapat difahami bahwa seorang perawat gigi sebagai salah satu health provider (tenaga kesehatan) mutlak dituntut untuk memiliki keterampilan manajerial yang baik. Tulisan ini ditujukan untuk memberikan uraian singkat mengenai aspek-aspek strategis yang dapat dikembangkan dalam manajemen klinik gigi, sehingga tercipta sebuah klinik gigi yang efektif, efisien dan memberikan pelayanan yang bermutu tinggi bagi masyarakat. …BERSAMBUNG

One thought on “MENGEMBANGKAN KLINIK GIGI YANG EFEKTIF DAN EFISIEN (Bagian 1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s